nibisnisku.com

Usaha BUMDes yang Menguntungkan & Memberdayakan Masyarakat

Saat ini pemerintah sedang serius berusaha membangun masyarakat desa, salah satunya dengan mendorong berdirinya Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes yang salah satu tujuannya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di pedesaan.

Masing-masing desa boleh jadi memiliki potensi berbeda yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan tersebut.

Selain memanfaatkan potensi yang ada, kegiatan usaha BUMDes bisa pula memanfaatkan peluang-peluang usaha lain yang sekiranya menguntungkan dan tetap dapat memberdayakan banyak masyarakat.

Nah, salah satu peluang usaha yang bisa dimanfaatkan oleh BUMDes yang juga dapat memberdayakan masyarakat ini adalah melalui usaha poster hiasan dinding.

Berikut ini beberapa contoh poster hiasan dinding dimaksud :

Beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangkan utama untuk melakukan kegiatan usaha ini, diantaranya :

Modal kecil

Kegiatan usaha ini bisa dilakukan dengan modal di kisaran Rp 1 juta, terlebih jika BUMDes telah memiliki printer yang diperlukan untuk mencetak poster tersebut, maka modal yang diperlukan akan jauh lebih kecil.

Banyak masyarakat bisa terlibat

Melalui media online khususnya, siapapun warga masyarakat bisa turut terlibat dalam menjual poster tersebut dan mendapat keuntungan.

Prospek

Prospek bisnis ini cukup baik. Salah satunya bisa dilihat dari data penelusuran kata kunci Google yang menunjukkan tingginya angka pencarian untuk jenis produk tersebut.

Potensi pendapatan

Mari sedikit berandai-andai jika kegiatan usaha ini dilakukan secara serius & profesional oleh BUMDes.

Anggaplah BUMDes mengajak atau melibatkan sekurangnya 100 orang warga, baik ibu rumah tangga, anak-anak muda, atau siapapun untuk turut menjualkan produk ini, terutama secara online melalui media sosial. Dan mengedukasi mereka cara-cara melakukannya.

Jika mereka rata-rata dapat menjual 100 produk per bulan, dimana BUMDes mendapat profit Rp 5.000 per produk, berarti dalam sebulan BUMDes bisa mendapat profit Rp 50 juta, lumayan bukan ? 

Di sisi lain, jika masyarakat yang turut menjualkan juga mendapat profit Rp 5.000, berarti mereka mendapat tambahan pendapatan Rp 500.000. Lumayan untuk membantu bayar listrik, beli pulsa, beli bumbu dapur, uang jajan anak, dll.

Ini bukan hal yang tidak mungkin, selama pihak BUMDes ada kemauan, terutama memotivasi & melatih masyarakat agar mau turut melakukan penjualan produk tersebut. Karena tidak sulit untuk melakukannya, cukup memanfaatkan media sosial dimana sebagian besar masyarakat sudah menggunakannya.

Potensi pasar online sangat besar sekali, mencapai lebih dari 175 juta di tahun 2019, dan tentu akan terus meningkat. Di sisi lain saingan usaha produk sejenis masih sangat kecil.

Silahkan pikirkan & pertimbangkan baik-baik. Adakah jenis usaha lain yang seperti ini ? Modal beberapa ratus ribu, bisa melibatkan seluruh warga masyarakat yang mau, prospeknya baik, dan potensi pendapatan tinggi jika dibanding modal yang diperlukan.

Betul, tidak ada jaminan untuk berhasil, karena tak ada satupun kegiatan usaha yang bisa dijamin akan 100% berhasil. Tapi coba bandingkan dengan resikonya. 

Resiko investasi pada usaha ini nyaris tidak ada karena tidak harus keluar dana besar, bahkan bisa dibawah Rp 500.000 apabila BUMDes telah memiliki printer. 

Sehingga kalupun ini tidak berjalan sesuai harapan, bisa dipastikan modal tetap dapat kembali, tidak akan hangus karena dengan menjual 30-40 posterpun modal sebesar itu sudah kembali. Dan 30-40 poster itu pasti bisa diserap oleh warga sekitar.

Jadi, mengapa tidak coba saja melakukannya ? Jika terkendala dengan disain posternya, bisa beli dari penyedia disain poster online, salah satunya sebagaimana yang disediakan nibisnisku.com.

Bahasan lebih lengkap tentang kegiatan usaha ini bisa dipelajari pada artikel lain yang berjudul, Usaha Modal Kecil Poster Hiasan Dinding. Klik teks tersebut untuk membukanya.

Demikian sedikit ulasan tentang usaha BUMDes yang menguntungkan & memberdayakan masyarakat. Semoga bermanfaat.

© 2018-2020 Nibisnisku.com