Buah Plum, Kaya Manfaat & Masih Langka, Bisa untuk Agrobisnis, Bisa Juga untuk Bisnis Kuliner



Beberapa tahun lalu, buah plum boleh jadi masih kurang begitu akrab di telinga kita karena masih termasuk buah impor. Akan tetapi sekarang ini, plum sepertinya sudah mudah didapat meskipun tidak semudah mendapat jenis buah lainnya.

Plum dalam bahasa kita biasanya disebut prem, masuk keluarga Rosaceae sebagaimana buah persik, aprikot, dan nectarine. 

 

Ukuran buahnya tergolong kecil, hanya berdiameter sekitar 3 cm dengan daging buah lembut, dan biasanya memiliki 5 sampai 7 biji per buah dengan bentuk biji bulat pipih.

 

Bentuk buahnya bundar hingga agak oval. Rasanya manis, asam, dan berair. Kulit buahnya bermacam-macam, ada yang hitam, keunguan, kemerahan, hingga kuning cerah.

 

Buah plum mungkin masih kurang dikenal oleh sebagian masyarakat Indonesia. Padahal manfaat buah plum sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

 

Hal ini mengingat buah plum sangat kaya dengan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

 

Selain antioksidan, buah plum juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, seperti vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, B9, B12, K, serat, kalium, magnesium, mangan, fosfor, zat besi, dan seng. Kandungan inilah yang membuat buah plum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

 

 

Manfaat Buah Plum

 

 

Menurut alodokter.com, buah plum memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh , diantaranya :

 

Manfaat #1 : Menurunkan berat badan

Buah plum merupakan buah dengan kalori rendah dan mengandung asam lemak tak jenuh. Selain itu, buah ini juga kaya akan serat, vitamin C, dan vitamin A. Kandungan inilah yang menjadikan buah plum sangat baik untuk dikonsumsi bagi Ana yang ingin menurunkan berat badan.

 

Manfaat #2 : Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat ini bisa didapat berkat kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah plum. Kandungan tersebut  dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

 

Manfaat #3 : Menjaga kesehatan mata

Vitamin A atau beta karoten yang aa dalam buah plum cukup tinggi, ykni sekitar 5%, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

 

Manfaat #4 : Mencegah sembelit

Kandungan serat tinggi dalam buah plum sangat bermanfaat dalam memadatkan feses dan melancarkan proses pembuangannya sehingga dapat menurunkan risiko mengalami sembelit.



Manfaat #5 : Menjaga kadar gula darah


Buah plum diketahui dapat meningkatkan kadar adinopektin, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula darah. Selain itu, serat alami pada buah plum juga berperan dalam menghambat penyerapan karbohidrat di dalam usus.

 

Manfaat #6 : Mencegah osteoporosis


Buah plum mengandung boron yang dapat memperpanjang daya tahan vitamin D dan estrogen dalam tubuh sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang.
Selain itu, buah plum kering juga kaya kandungan vitamin K, magnesium, kalium, dan antioksidan yang mampu melindungi tulang dari kerusakan akibat radikal bebas.

 

Beragam manfaat buah plum di atas, bisa didapat jika Anda mengkonsumsi buah ini secara rutin. Sehingga, meskipun bukan untuk tujuan komersil, rasanya tidak salah jika Anda coba untuk menanamnya di rumah untuk konsumsi sehari-hari bersama keluarga.

 

Budidaya Buah Plum

 

 

Buah plum selama ini banyak dibudidayakan di negara-negara Amerika & Eropa. Akan tetapi, di negara tropis seperti Indonesiapun buah ini ternyata bisa dibudidayakan, terutama jenis buah plum Australia.

 

Namun demikian, mengingat buah ini bukan berasal dari iklim tropis, maka ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam melakukan budidayanya, khususnya di masa-masa awal penanaman.

 

Menurut Febriarso Wibowo, seorang pem budidaya buah plum asal Semarang, menyarankan agar memperhatikan masalah pecahayaan.

 

Menurutnya, cahaya matahari yang diterima tanaman plum sebaiknya hanya sekitar 70% dan usahakan tanaman tidak terpapar sinar matahari langsung. Sehingga perlu dibuat penyaring atau pelindung berupa pohon pengayom atau pohon inang di dekatnya.

 

Bagi yang ingin menanamnya di halaman rumah, usahakan menempatkannya di area yang tidak terlalu banyak terkena matahari. Akan tetapi jangan terlalu terlindung, karena pohon plum tetap butuh sinar matahari untuk fotosintesis, hanya saja daunnya tidak kuat jika terkena sinar matahari terik secara langsung terus menerus.

 

Perbanyakan Bibit Buah Plum

 

Buah plum dapat diperbanyak secara generatif maupun vegetatif. Akan tetapi, jika ingin cepat berbuah maka disarankan untuk menggunakan bibit hasil pembiakan vegetatif, yang paling umum adalah hasil cangkok.

 

Jika dilakukan secara vegetatif, biasanya dalam waktu enam bulan hingga setahun plum sudah akan berbuah. Sementara jika dilakukan secara generatif, butuh waktu lebih lama, yakni sekitar dua hingga tiga tahun.

 

Buah Plum bisa menjadi komoditi tersendiri yang cukup menjanjikan karena masih jarang sekali yang melakukan budidayanya. Sehingga bukan tidak mungkin dalam beberapa waktu ke depan buah plum di Indonesia bisa menjadi primadona agro bisnis baru.

 

Hal ini mengigat, selain bisa diknsumsi dalam keadaan segar, plum juga bisa diolah dan dikemas menjadi produk bernilai jual tinggi.



Buah Plum Dalam Pot

 

 

Bagi Anda yang hobi bertanam didalam pot, buah plum juga bisa berbuah di dalam pot. Dengan bentuk buah dan warnanya yang indah, buah yang lebat dan perawatan yang mudah menjadi daya tarik sendiri untuk menanamnya dalam pot. 

 

Beberapa jenis buah ini telah di coba ditanam didalam pot dan ternyata cukup berhasil. Sehingga bukan hal yang tidak mungkin jika budidaya buah plum dalam pot akan manjadi lahan bisnis lain untuk memenuhi kebutuhan para penghobi tabulampot.

 

Berbagai Olahan Buah Plum

 

Selain bisa dimakan langsung, buah plum juga bisa dikonsumsi atau dimanfaatkan dengan berbagai cara lainnya, diantaranya : 

 

Olahan #1 Diolah menjadi jus

Sama seperti jenis buah-buahan lainnya, buah plum juga bisa dijadikan minuman jus yang segar & nikmat.

 

Olahan #2 Dijadikan smoothies

Buah plum juga dapat dijadikan sebagai smoothies atau bubur buah bersama dengan blueberry atau jenis buah lainnya sesuai selera, yogurt, dan susu rendah lemak. 

 

Olahan #3 Dibuat Salad

Buah plum bisa juga dibuat salad buah bersama jenis buah-buahan lainnya, seperti apel, kiwi, anggur, dan stroberi. 

 

Olahan #4 Dimakan bersama yogurt atau madu

Buah plum bisa dipotong menjadi beberapa bagian dan dinikmati dengan mencocol yogurt rendah lemak atau madu sebagai “sausnya”. Cara ini cocok untuk diberikan pada buah hati Anda. 

 

Olahan #5 Campur dengan sereal gandum

Buah plum juga bisa dinikmati dengan cara dicampur dengan kacang almond, granola, oatmeal, atau sereal gandum lainnya sesuai selera. 

 

Olahan #6 Dibuat selai

Buah plum juga bisa dibuat menjadi selai sebagaimana selai nenas, kacang, srikaya, dan buah-buahan lain yang biasa dijadikan selai.

 

Olahan #7 Campuran masakan

Buah plum juga bisa dijadikan bahan campuran dalam masakan seperti ayam atau bebek bakar, panggang, maupun jenis olahan lainnya.

 

Cara-cara olahan buah plum di atas selain bisa dilakukan untuk konsumsi sendiri, bisa juga dilakukan untuk tujuan bisnis. 

 

Anda bisa menawarkan produk-produk olahan buah plum tersebut kepada teman-teman medsos Anda yang boleh jadi ingin mencicipi bagaimana rasanya olahan buah plum hasil kreasi Anda.

 

Karena jenis olahan ini masih jarang, bukan tidak mungkin akan banyak yang tertarik. Mau mencoba ?

 

Cara Mendapatkan Bibit Buah Plum

 

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba menanam buah ini, Anda bisa coba cari informasi orang yang telah melakukan budidaya buah plum di sekitar tempat Anda.

 

Jika tidak ada, Anda bisa beli secara online di marketplace ataupun di penyedia bibit buah plum lainnya. Salah satunya bisa Anda beli di Lazada.

 

KLIK DISINI jika Anda akan membelinya ataupun melihat-lihat bibit plum yang ada di Lazada.

 

Demikian sedikit ulasan tentang buah plum. Semoga bisa memberi inspirasi & semoga Anda sukses berbisnis buah yang masih langka ini.



Pilihan

Populer

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter

© 2018-2021 Nibisnisku.com