Bisnis Kerajinan Dari Kayu untuk Hadiah, Eksklusif & Bermanfaat



Buat Anda yang sedang mencari ide-ide produk bisnis di bidang kerajinan kayu, mungkin kerajinan yang satu ini bisa dipertimbangakan.



Ya, saya mendapat gambar-gambar ini dari salah satu web asing. Saya lihat produk yang cukup unik, yakni tempat HP & aksesories pira lainnya.

 

Saya coba telusuri menggunakan Google, baik teks maupun image, dan sepertinya produk ini belum ada yang menjualnya online di Indonesia.

 

Oleh karena itu, mungkin peluang ini bisa dipertimbangakan untuk dimanfaatkan sebagai alternatif bisnis online Anda.

 

Produk ini bisa Anda jual sebagai produk hadiah untuk pria, seperti hadiah untuk para suami, hadiah untuk pacar laki-laki, hadiah untuk boss /atasan laki-laki, maupun hadiah untuk ayah.

 


Potensi Pasar

 

Jika Anda coba buka alat penelusuran kata kunci Google, Anda bisa temukan bahwa ada lebih dari 200.000 pencarian per bulan menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan hadiah untuk kaum pria, baik hadiah untuk suami, hadiah untuk ayah, maupun hadiah untuk atasan pria.

 

 

Berdasarkan volume pencarian tersebut, maka potensi pasar online untuk produk kerajinan kayu ini jelas termasuk bagus, karena banyak orang yang mencarinya.

 

Jenis Kayu

 

Produk kerajinan di atas dibuat menggunakan bahan kayu. Jika Anda tertarik membuatnya, Anda bisa pilih jenis bahan yang secara umum biasa digunakan untuk kerajinan kayu.

 

Dan pemilihan jenis bahan ini, akan berpengaruh pula pada harga jualnya nanti. Karena setiap jenis kayu memiliki harga yang berbeda.

 

Berdasarkan cekaja.com, beberapa jenis kayu yang umum diapaki untuk produk kerajinan diantaranya :

 

#1 Kayu Jati

Kayu ini selain bisa digunakan untuk produk kerajinan, juga bisa digunakan untuk furniture. Harga kayunya yang relatif mahal, menjadikan harga produk jadinyapun turut mahal.

Mahalnya harga tersebut dikarenakan kayu jati memiliki beberepa karakteristik yang lebih baik dari kayu lainnya, seperti lebih kuat & awet, warna seratnya artistik, keras dan tidak mudah retak.

 

#2 Kayu Mahoni


Harga kayu ini lebih murah daripada jati, memiliki warna serat yang juga bagus, dan kekuatan serta keawetannya bisa diandalkan. Terlebih untuk produk kerajinan tangan.


#3 Kayu Pinus

Kayu ini umumnya banyak dipakai untuk bahan pembuatan perabot rumah tangga seperti meja, lemari, tempat tidur, dan lain-lain.

Akan tetapi, dengan harga yang relatif murah, bobotnya ringan, serta emiliki warna yang terang dan mudah ditimpa dengan warna lain, menjadikan kayu ini cocok juga untuk digunakan sebagai bahan produk kerajinan.

 

#4 Kayu Akasia


Kayu ini memiliki serat yang padat dan kuat serta menarik. Kayu ini bisa dengan mudah ditemukan diberbagai tempat

 

#5 Kayu Trembesi


Kayu ini umumnya banyak dipakai untuk membuat furniture. Perpaduan warna putih di bagian pingir & warna cokelat di bagian tengah, menjadikan kayu ini sangat pas untuk kfurnitur ataupun kerajinan.

Kayu jenis ini biasanya banya ditemukan di kawasan Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara.

 

Nah, jadi tinggal pilih saja, jenis kayu apa yang akan Anda gunakan untuk membuat produk kerajinan tadi.

 

Bahkan, jika ingin menjualnya dengan harga sangat murah, Anda bisa coba menggunakan multiplek ataupun papan MDF.

 

Silahkan Anda tentukan sendiri. Mungkin akan lebih baik jika Anda menyediakannya untuk beberapa jenis bahan sehingga calon pembeli bisa memilih, mana yang cocokd engan selera mereka.



Alat & Perlengkapan

 

Untuk membuat kerajinan kayu, Anda memerlukan beberapa alat & perlengkapan berikut ini :

 

 

#1 Alat Potong : Gergaji atau Cutter

Ini pasti diperlukan untuk memotong kayu yang akan dibuat kerajinan. Pastikan dalam kondisi tajam agar mudah digunakan.

Sementara untuk cutter, akan diperlukan ketika akan melakukan potongan pada kayu yang tipis yang tidak dapat dilakuan oleh gergaji.

 

 

#2  Alat Ukir : Pisau atau Pulpen Ukir

Pisau ukir diperlukan untuk mengukir, atau mengikis suatu objek. Alat ini umumnya terbuat dari besi yang tajam pada bagian mata pisaunya, sementara pada bagian gagang terbuat dari bahan kayu. 

 

Selain pisau ukir, alat lain yang diperlukan yang berhubungan, adalah pulpen ukir otomatis Engrave-it. 

 

Alat ini ditenagai 2 buah baterai model AA, dan mudah ditemukan di berbagai tempat. Dengan Engrave-it, ANda bisa belajar mengukir pada berbagai macam permukaan, seperti kulit, logam, gelas, kayu, dan beragam permukaan lain.

 

Selain untuk mengukir nama atau label, Engrave-it juga bisa digunakan untuk mengukir berbagai pola dan gambar menarik, melatih kesabaran, ketekunan dan konsentrasi.

 

 

#3  Alat Ukur : Penggaris dan Meteran

Anda memerlukan alat ukur penggaris untuk  memudahkan mengukur bagian-bagian yang lebih kecil. Sebaiknya gunakan penggaris logam jangan penggaris palsit.

Meteran diperlukan untuk mengukur bisang yang lebihbesar yang sulit dilakukan oleh penggaris.

 

 

#4 Mesin Bor, Obeng, dan Sekrup

Untuk membaut dan mengaitkan, Anda bisa gunakan sekrup dan berbagai tipe obeng, namun kini ada alat yang dapat mempermudah kamu yaitu obeng dan bor elektrik, sehingga aktivitas membuka-memasang baut, membuat lubang dapat dengan cepat dan praktis dilakukan.

 

 

#5 Lem Kayu

Lem kayu diperlukan untuk menyambung bagian-bagian tertentu yang diperlukan. Lem kayu berbeda dari lem pada umumnya karena punya daya rekat yang tinggi pada bahan yang memiliki pori seperti kayu plywood, papan, dan lainnya.

 

 

#6 Amplas

Akan berguna untuk menghasulkan permukaan kayu yang dibuat sebagai produk. Tanpa amplas, permukaan kayu akan kasar dan tentu saja tidak nyaman dipandang.

 

 

#7 Cat Kayu

Cata kayu hanya diperlukan jika pada bagian produk kerajinan ada yang memerlukan cat. Karena pada umumnya, kerajinan kayu lebih banyak menggunakan vernis agar warna asli tekstur kayu tetap terlihat, tidak tertutupi sebagaimana jika menggunakan cat. 

 

 

#8 Vernis

Vernis adalah cairan khusus yang berfungsi untuk memberi kilap pada kayu tanpa mengganggu warna asli serta kayu. Selain itu, vernis juga bermanfaat sebagai pelindung kayu dari serangan rayap dan jamur.

 

 

Itulah, setidaknya ada 8 alat yang akan Anda perlukan untuk memulai membuat sebuah produk kerajinan.

 

 

Ya, pada awalnya pasti akan sulit. Namun lama-kelamaan tentu akan terbiasa sehingga pasti akan terasa lebih mudah lagi.

 



Cara Memasarkan

 

Rasanya semua sudah tahu ya, bagaimana memasarkan online. 

 

Setelah Anda memiliki 1 contoh produk, cobalah promosikan di medsos, entah di WA, FB, IG, ataupun medsos lain yang biasa Anda gunakan.

 

Jelaskan apa manfaatnya, fungsinya, dan untuk siapa produk tersebut cocoknya.

 

Intinya, ini kan bukan cuma sekedar produk kerajinan tangan untuk hiasan semata. Lebih dari itu juga memiliki manfaat yang benar-benar akan berguna, seperti untuk menyimpan HP, jam tangan, kaca mata, dompet, kunci kendaraan, dan lain-lain kelengkapan aksesories pria.

Oleh karena itu, produk ini sangat cocok bagi kaum pria; ibu-ibu yang ingin memberi hadiah pada suaminya, baik hadiah ulang tahun, hadiah pernikahan, ataupun hadiah lainnya; bagi pegawai yang akan memberi hadiah kepada boss nya; bagi para wanita yang ingin memberi hadiah kepada pacarnya; serta sebagai hadiah kepada ayah. 

 

Gimana, Anda mau mencobanya ? Atau mau mikir kesana-kemari dulu ? Kalau mau mencobanya, sebaiknya segera lakukan sebelum lebih banyak orang lain yang melakukannya. Jangan sammpai Anda ikut-ikutan membuatnya ketika sudah banyak orang yang menawarkan produk tersebut.

 

Btw, itu sekedar inspirasi, semoga saja bermanfaat dan bisa dimanfaatkan untuk menjadi pintu baru mendapatkan rejeki lain yang lebih baik & lebih berkah.



Pilihan

Populer

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter

© 2018-2021 Nibisnisku.com