nibisnisku.com

Memulai Jualan di Marketplace

Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya kita memulai buka toko online di marketplace, diantaranya :

Pertama, gratis

Ini sudah jelas, Bukalapak, Lazada, Shopee, Tokopedia, dll menyediakan fasilitasnya secara cuma-cuma. Siapapun boleh mendaftar dan jualan di sana tanpa dipungut biaya apapun.

Kedua, memiliki trafik tinggi

Hampir semua marketplace memiliki trafik tinggi, atau banyak pengunjungnya. 

Menurut informasi dari situs CNBC Indonesia, bahwa berdasarkan riset iPrice yang dirilis pada tanggal 12 Maret 2020, pada kuartal IV-2019, rata-rata pengunjung situs web Shopee mencapai 72,97 juta per bulan. Tokopedia mencapai 67,9 juta pengunjung per bulan, dan Bukalapak 39,37 juta pengunjung per bulan.

Sedangkan menurut studi Cuponation, jumlah total pengunjung 10 marketplace terbesar selama 2019 adalah sebagai berikut :  

  1. Tokopedia, 1,2 miliar, 
  2. Shopee, 837 juta
  3. Bukalapak, 823 juta
  4. Lazada, 445 juta
  5. Blibli, 353 juta
  6. JD ID, 105 juta
  7. Orami, 89 juta
  8. Bhinneka, 63 juta
  9. Sociolla, 51 juta
  10.  Zalora, 45 juta

Ini bisa dimengerti. Karena selain mereka promosi disana-sini, mereka juga dengan mudah muncul dalam hasil pencarian mesin pencari.

Ketiga, pasar sudah tertarget

Kebanyakan orang yang membuka marketplace tujuannya adalah untuk mencari produk yang diperlukannya, dan sudah siap membeli.

Keempat, simple

Jualan di marketplace tidak harus banyak promosi seperti menjual di media sosial. Cukup buat deskripsi yang lengkap dan sesuai agar bisa muncul dalam hasil pencarian mesin pencari.

Promosipun cukup dilakukan dengan menuliskan tautan alamat toko kita di marketplace tersebut.

Kelima, lebih dipercaya calon pembeli

Belanja di marketplace dirasa lebih aman oleh calon pembeli karena mereka tidak langsung mentransfer uang ke rekening pribadi, melainkan ke rekening marketplace dan bisa minta kembali jika barang tidak sampai. Ini menjadikan pembeli merasa tenang, tidak akan takut tertipu.

Keenam, lebih menarik

Dari sisi disain dan fitur, marketplace memang disiapkan untuk menjadikan pembeli lebih tertarik melakukan transaksi dan fokus pada pemilihan produk, tidak ada lain-lain yang akan mengalihkan perhatian calon pembeli.

Itulah enam diantara alasan mengapa sebaiknya kita manfaatkan marketplace untuk jualan. 

Lalu marketplace mana yang cocok ?

Ini tidak akan sama bagi semua orang. Tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa marketplace, dan merasakan sendiri mana yang paling cocok untuk lebih fokus.

Disamping itu, tiap marketplace tentu akan memiliki strategi pengembangan masing-masing untuk memenangkan prsaingan. Sehingga boleh jadi, satu marketplace yang saat ini dianggap paling baik akan tersaingi oleh marketplace lainnya. Jadi tidak ada salahnya untuk jualan di beberapa marketplace langsung.

Untuk produknya, usahakan jualah sebanyak-banyaknya produk. Selain agar lebih terlihat serius oleh pembeli sehingga mereka percaya, juga agar peluang transaksi semakin besar. 

Berilah deskripsi produk dengan lengkap agar calon pembeli tidak harus banyak tanya lagi. Gunakan foto yang bagus dan jelas serta fokus pada penampakan produk.

Untuk cara membuka akun penjual, tiap marketplace memiliki kebijakan berbeda. Ada yang menyatukannya dengan akun pembeli, ada juga yang dibuat terpisah. Jika belum tahu caranya, carilah di Google dengan kata kunci “cara jualan di ….” atau “cara menjadi seller di…”

Banyak sekali artikel panduan tentang bagaimana menjadi penjual di marketplace, tinggal pelajari dan lakukan, tidak sulit sama sekali.

So, mari mulai buka toko di marketplace sekarang, jangan lewatkan peluang ini. Manfaatkan produk yang disediakan nibisnisku untuk memulai ataupun menambah koleksi barang dagangan kamu.

Demikian sedikit ulasan tentang memulai jualan di marketplace. Semoga bermanfaat.

 

© 2018-2020 Nibisnisku.com

Bagikan