Manfaat Buah Naga & Manisnya Untung Agrobisnis Buah Naga yang Lebih Manis dari Rasa Buahnya



Buah naga merupakan komoditas agrobisnisnis yang cukup menjanjikan. Saat ini buah naga banyak dibudidayakan di daerah Bangka, Batam, Mojokerto, Jember, Malang, Pasuruan, Banyuwangi, Ponorogo, Kalibawang, Kulon Progo dan Bandung. 

 

 

Dan semua tentu sudah tahu dan merasakan manisnya buah naga, bukan ? Dan ternyata untungnya dari agrobisnis buah naga, rupanya jauh lebih manis dari rasa buahnya. Paling tidak itulah yang dirasakan Pak Sudarto asal Kabupaten Bangka Tengah. 

 

 

Dengan modal Rp 300.000 dan dua batang bibit pohon naga, akhirnya dia bisa mengembangkannya hingga menjadi 5.000 pohon di atas lahan seluas 3,5 hektar, dan memberinya untung bersih Rp 20 juta per bulan.

 

 

 

Sudarto bukanlah satu-satunya orang yang sukses menjadi petani buah naga, masih banyak petani lain yang juga bisa mencicipi manisnya keuntungan dari buah naga.

 

 

Sebut saja  Asron, petani asal Prabumulih yang sengaja diminta Dompet Dhuafa Sumatera Selatan (DD Sumsel) ke Desa Macang Sakti, Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) beberapa waktu lalu, untuk berbagi pengalaman dalam bertanam buah naga.

 

 

Asron mempunyai 1 hektare tanaman buah naga. Setiap pekannya, Asron selalu panen dan dikunjungi banyak pembeli untuk membeli hasil panennya. Setiap bulannya, Asron bisa menghasilkan jutaan rupiah dari buah naga, tanpa harus kerja keras. Mengingat, tanaman ini tidak butuh perawatan yang rumit.

 

 

Setiap akhir pekan, ia hanya pergi ke kebun untuk memetik buah naga. Pekarangan rumahnya, ia sulap menjadi kebun percontohan buah naga. Di sini, ada setidaknya 40 tiang buah naga, di mana setiap tiang ada 3 batang.

 

 

Bahkan, beberapa kali Mahasiswa dari Universitas Sriwijaya dan ITB melakukan penelitian, untuk mengetahui kenapa buah naga miliknya tumbuh dengan subur. Hal inilah yang membuat Asron, kemudian dianggap Dompet Dhuafa Sumsel menjadi orang yang paling tepat untuk berbagai ilmu dengan petani Macang Sakti, untuk menjadi petani buah naga yang sukses.

 
Tips Menanam & Merawat Buah Naga
 

 

Berikut ini beberapa tips menanam & merawat buah naga agar bisa memberi hasil yang baik berdasarkan pengalaman Pak Asron :

 

Tips #1 : Untuk mencegah pembusukan saat menanam, maka bibit jangan ditanam terlalu dalam cukup ditimbun 2-3 cm.

 

Tips #2 : Pilihlah lahan yang kering dan berkerikil, dan tanaman sebaiknya tidak terlindung dari sinar matahari.

 

Tips #3 : Sebelum menanam, persiapkan dulu tiang buah naga dan ban mobil bekas. Setelah itu, barulah tanah di gali, dan tiang ditancapkan di lobang tersebut. Selanjutnya, ditimbun tanah.



Tips #4 : Setelah lobang yang ditimbun tanah rata dengan permukaan, ban mobil tadi di masukkan ke dalam tiang yang sudah tertancap dan diisi tanah. Ban seakan-akan berfungsi seperti pot.Tujuannya, supaya kekeringan tanah bisa terjaga dan pupuk nanti bisa terkumpul disana semua. Kalau tanah di dalam ban itu diisi pecahan batu bata lebih bagus.

Ketika pohon buah naga telah sampai pada bagian ban di atas, sebaiknya dipotong agar tumbuh cabang-cabang baru, sehingga bisa menghasilkan buah yang lebih banyak.

 

Tips #5 : Untuk mencegah virus yang biasanya menyebabkan pembusukan batang, maka bagian bayang yang busuk tersebut harus dipotong &diberi odol yang biasa kita gunakan untuk menyikat gigi.

 

Buah naga biasanya akan mulai berbuah pada usia 8 bulan akan tetapi tergantung juga pada pemupukan dan perawatan. Dengan pemukuan & perawatan yang baik, buah naga bisa berbuah lebih cepat.

 

Nah, bagi Anda yang sedang mencari peluang, rasanya tidak salah untuk mencobanya. Tidak perlu dalam skala besar dulu, cobalah memanfaatkan dulu pekarangan yang Anda miliki, bahkan bisa dilakukan pada pot. 

 

Tanamlah dulu beberapa pohon, dan rawtlah dengan baik hingga menghasilkan, sebagai mana Pak Sudarto yang memulainya hanya dengan dua pohon saja.

 

Ketika dirasa cukup berhasil, barulah tambah tanaman lagi. Dalam bertani buah seperti ini, menambah tanaman secara berkala bisa menurunkan risiko kerugian bisnis.

 

Untuk penjualannya, rasanya tidak perlu bingung. Keberadaan media sosial seperti Facebook Isntagram, dan WhatsApp akan sangat membantu.

 

Untuk Facebook saja, Anda bisa memiliki teman hingga 5.000 orang, dan Anda bisa bergabung dengan grup-grup yang relevan untuk menambah volume target pasar Anda.

 

Rasanya pasti akan banyak teman-teman medsos Anda yang tertarik ketika buah naga Anda tumbuh didalam pot yang cantik seperti gambar ini bukan ?

 

 

Terlebih dengan rasanya yang enak serta manfaatnya yang banyak, tentu tidak akan rugi jika mereka mengoleksi tanaman buah naga di rumahnya.

 

Manfaat Buah Naga

Berikut ini beberapa diantara manfaat buah naga menurut klikdokter.com : 

 

Manfaat #1 : Kaya Kandungan Cairan

Bermanfaat dalam mencegah dehidrasi, serta memberikan sensasi kesegaran saat dikonsumsi.

 

Manfaat #2 : Sumber Zat Besi

Seratus gram buah naga mengandung 1,9 miligram zat besi atau setara dengan 11 persen dari total kebutuhan harian orang dewasa. Tak hanya itu, kandungan zat besi pada buah naga juga mampu menunjang tumbuh kembang dan meningkatkan kecerdasan anak-anak. 

 

Manfaat #3 :  Kaya Vitamin C

Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Untuk buah naga berukuran 100 gram terkandung 21 mg vitamin C, atau setara dengan 34 persen kebutuhan vitamin C harian orang dewasa. Vitamin C sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran, daya tahan tubuh, dan kesehatan kulit, serta membantu penyerapan zat besi di dalam saluran cerna.



Manfaat #4 : Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Buah naga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, buah naga juga merupakan sumber lemak tidak jenuh yang sangat baik. 


Manfaat #5 : Tinggi Serat 

Makanan kaya akan serat sangat penting dalam konsumsi harian. Dan buah naga memiliki kandungan serat sebanyak 7 gram untuk sekali sajian. Kandungan serat buah naga yang tinggi tersebut dapat memenuhi kebutuhan serat harian Anda. 


Manfaat #6 : Melawan Diabetes

Manfaat buah naga lainnya adalah dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh . Para peneliti menyatakan, buah naga dapat membantu regenerasi sel pankreas yang rusak pada penderita diabetes. 


Manfaat #7 : Mengurangi Jerawat

Buah naga juga dapat digunakan sebagai masker untuk mengurangi proses radang pada wajah akibat jerawat.


Manfaat #8 : Membantu Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari 

Buah naga juga mengandung vitamin B3 yang dapat melembabkan kulit yang terbakar matahari. Dilakukan dengan cara menjadikannya pasta yang dicampur dengan mentimun dan madu.


Manfaat #9 : Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Buah naga mengandung prebiotik yang merupakan sumber makanan untuk bakteri baik di dalam usus, khususnya untuk bakteri Lactobacilli dan Bifidobacteria. Kedua bakteri ini bermanfaat untuk membunuh virus dan bakteri penyebab timbulnya penyakit. 


Manfaat #10 : Sumber Magnesium yang Baik

Dibandingkan buah lainnya, buah naga mengandung lebih banyak magnesium yang berperan dalam proses pemecahan energi, kontraksi otot, dan pembentukan DNA.


Manfaat #11 : Menekan Peradangan Sendi 

Buah naga sangat kaya akan antioksidan sehingga bersifat antiinflamasi yang dapat membantu menekan peradangan sendi atau artritis. 


Manfaat #12 : Mengatasi Kerusakan Rambut 

Buah naga juga dapat membantu untuk mencegah kerusakan rambut mengalami kerusakan akibat sering diwarnai dalam jangka waktu lama dengan cara mengoleskan jus buah naga pada kulit kepala sebelum keramas.


Manfaat #13 : Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan vitamin C tinggi pada buah naga, serta kandungan vitamin A-nya sangat bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. 


Manfaat #14 : Mencegah Penuaan Dini

Mengonsumsi buah naga & menggunakannya sebagai masker wajah dapat menjaga kulit tetap kencang &  awet muda. 


Manfaat #15 : Menjaga Berat Badan

Buah naga memiliki jumlah kolesterol yang rendah sehingga sangat tepat untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. 


Nah, begitu banyak manfaat dari buah naga, bukan ?


Jadi, rasanya tidak akan sia-sia apabila Anda mencoba mulai menanam buah naga dari sekarang. Kalaupun tidak untuk komersial, paling tidak Anda & keluarga bisa menikmati buahnya dan mendapatkan banyak manfaatnya.


Dimana membeli bibit buah naga ?



Jika di tempat Anda belum ada penjual bibit buah naga, Anda bisa dengan mudah membelinya secara online di marketplace, salah satunya di Lazada. KLIK DISINI jika Anda mau langsung membeli ataupun melihat-lihat terlebih dulu.


Demikian tulisan tentang peluang bisnis buah naga serta berbagai manfaatnya. Semoga bermanfaat dan bisa memberi inspirasi.



Pilihan

Populer

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter

© 2018-2021 Nibisnisku.com