Kegiatan Karang Taruna Desa yang Bisa Menjadi Sumber Dana Organisasi



Boleh jadi ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan karang taruna desa yang bisa menjadi sumber dana organisasi, sehingga bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan lainnya.

Akan tetapi di jaman serba online ini sebenarnya batasan tersebut sudah tidak penting lagi. Artinya, mau karang taruna desa atau kota, dengan adanya fasilitas online, pada akhirnya akan memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan berbagai kegiatan dengan memanfaatkan fasilitas online tersebut.

Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan karang taruna desa (ataupun kota) yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan dana organisasi :

 

Kegiatan #1 : Memanfaatkan Potensi Warga

 

Ada beberapa potensi warga yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi sumber dana organisasi, misalnya :

1. Jual rumah

Ada warga yang jual rumah ? Cobalah hubungi dan jelaskan bahwa karang taruna ingin turut menawarkan rumah tersebut. Sepakati bagaimana sistem komisinya.

Setelah deal, libatkan seluruh anggota untuk menawarkannya kepada orang-orang yang potensial untuk membeli rumah tersbut, baik secara langsung ataupun melalui sosial media.

Agar para anggota semangat, alokasikan juga berapa persen komisi yang akan diberikan bagi anggota yang berhasil menjual.

2. Jual tanah

Ini sama seperti jual rumah. Kemungkinan besar akan selalu ada warga yang ingin menjual tanahnya, baik berada satu lokasi dengan tempat tinggalnya maupun di luar lokasi.

Inipun sama. Hubungi yang bersangkutan supaya karang taruna bisa ikut menjual & mendapat komisi.



3. Jual komoditas

Di desa khususnya, biasanya banyak komoditas, entah pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, ataupun yang lainnya.

Inipun tentu bisa turut ditawarkan oleh karang taruna dan mendapat bagian keuntungan ketika mendapat transaksi.

4. Jual barang bekas

Pernah mencoba mendatangi warga-warga dan menanyakan apakah mereka memiliki barang bekas yang akan dijual dan layak jual ?

Jika belum, cobalah lakukan. Mungkin ada beberapa yang ingin menjual barang-barang yang sudah lama tidak terpakai, entah baju, sepatu, buku, perabot, furniture, barang antik, mainan anak, dll.

Termasuk juga kendaraan. Bisa saja ikut menawarkannya, bukan ? Manfaatkan kembali medsos sebagai media untuk menjualnya

5. Jual jasa

Boleh jadi, di lokasi kamu ada penyedia jasa tertentu yang bisa turut dipromosikan oleh para anggota karang taruna dan mendapat komisi ketika ada order. 

Ini tentu akan saling menguntungkan.

6. Jual produk lain

Mungkin di desa kamu ada pengrajin kayu, kuliner, atau usaha rumah tangga lainnya yang bisa turut dipromosikan. 

Mengapa tidak karang taruna membantu memasarkannya dan mendapat komisi ketika ada transaksi.

Boleh jadi masih banyak potensi lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi sumber pemasukan bagi organisasi sekaligus membantu warga.

Tinggal manfaatkan media sosial yang pasti sudah dimiliki semua anggota, sehingga semua bisa ikut terlibat.

Buatlah halaman fanspage di Facebook. Jadikanlah sebagai toko online yang memajang seluruh produk-produk yang akan dijual. 

Pastikan juga anggota yang melakukan promosi atau menawarkan produk-produk tersebut secara online, menyertakan tautan fanspage tersebut agar orang-orang bisa menemukan produk-produk lainnya yang boleh jadi sedang dibutuhkan.

Undang juga para warga untuk turut menyukai halaman facebook tersebut. Dan minta juga bantuan mereka untuk menshare produk-produk yang ditawarkan.

Dengan demikian, selain para anggota sendiri, akan lebih banyak lagi orang yang turut menawarkan atau mempromosikan produk yang dijual tersbut sehingga peluang transaksi tentu bisa lebih besar. Termasuk dari sesama warga itu sendiri.

Kegiatan #2 : Membuat Blog

 

Anggota karang taruna tentu terdiri dari anak-anak muda, bukan ? 

Nah rasanya kurang lengkap kalau anak-anak muda tiap hari online tapi belum memanfaatkan keberadaan blog untuk menghasilkan uang yang bisa digunakan untuk mendanai kegiatan organisasi maupun untuk uang jajan masing-masing.

Bahkan, bukan tidak mungkin bisa untuk biaya nikah, beli sepeda motor, atau  bangun rumah.

Dan bukan cuma menghasilkan uang, melalui blog juga kamu bisa mengedukasi dan memberi berbagai informasi bermanfaat bagi siapapun. Termasuk juga memasarkan produk-produk  yang menjadi potensi warga, sebagaimana point kegiatan #1 di atas.

 

Ya, banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari sebuah blog. Terlebih bagi karang taruna yang memiliki banyak anggota, semuanya bisa dilakukan secara bersama-sama sehingga hasilnya tentu akan lebih optimal.

Pembahasannya lumayan panjang jika ditulis disini.

Oleh karena itu uraian lengkapnya bisa simak pada artikel ini : “Kegiatan Karang Taruna yang Bisa Menghasilkan Banyak Uang”. tinggal klik.



Pilihan

Populer

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter

© 2018-2021 Nibisnisku.com