Inspirasi Bisnis dari K.H. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)

Aa Gym bukan sekedar sukses menjadi seorang Da’i kelas dunia, melainkan juga seorang pebisnis handal yang mengelola puluhan bisnis dengan omset miliaran rupiah.

Berikut ini nukilan beberapa hal terkait bisnis yang pernah beliau sampaikan dalam beberapa publikasinya yang insya Allah bisa menjadi inspirasi dalam menjalankan bisnis.

Tujuan Bisnis

Menurut Aa Gym, dalam berbisnis harus ditetapkan dulu tujuannya. Ketika tujuan sudah ditetapkan, sepelan apapun kita bergerak insyaallah merupakan suatu kemajuan. Tapi bagi orang yang tujuannya tidak tetap, segigih apapun bergerak bisa jadi menuju kehancuran.

Menurut beliau, bagi seorang muslim paling tidak ada tiga tujuan yang harus kita pahami :

Pertama, kita diciptakan oleh Allah untuk menjadikan segala aktifitas kita sebagai ibadah.

Itu artinya bisnis bagi kita adalah ibadah, bukan semata-mata mencari uang.

Kedua, tugas hidup kita menjadi khalifah.

Kita diberi kesempatan hidup di dunia satu kali, oleh karena itu kita harus berkarya seoptimal mungkin, sehingga saat kematian kita kelak adalah puncak kita berkarya dalam hidup ini yang bermanfaat bagi peradaban manusia, mensejahterakan diri dan mensejahterakan orang lain.

Ketiga, tugas kita dalam bahasa agama disebut dakwah.

Artinya apapun aktifitas yang kita lakukan harus menjadi pencerminan pribadi pribadi yang menjadi teladan dalam kebenaran.

Bisnis bukan hanya sekedar untuk cari makan. Kalau hanya mencari makan apa bedanya dengan kambing? Bukan juga hanya sekedar mencari uang, karena garong juga mencari uang.

Benefit Premium Member

Mendapat lebih dari 10 sumber pendapatan sekaligus & seluruh produk; Memiliki bisnis online praktis selamanya; Produk, media penjualan, & panduan, telah disediakan; dll

SELENGKAPNYA >>>

Bisnis secara profesional

Seorang Muslim, dikatakan professional kalau dia memenuhi dua hal.

  • Pertama, didalam mencari, dia sangat menjaga nilai-nilai kejujuran, tepat janji, etos kerja, sehingga kalau dia mendapatkan uang maka dirinya lebih bernilai dari sebanyak apapun uang yang didapatkan. Karena dia mencari dalam rangka untuk membangun nilai-nilai.
  • Kedua, dalam mencari nafkah atau “menjemput rezekinya” dia sangat menjaga sehingga terbangun nama baiknya. Dengan demikian, dia tidak pernah takut kehilangan apapun.

 

Persaingan Bisnis

Orang-orang yang pecinta dunia takut melihat pesaing. Padahal pesaing adalah saudara kita juga. Tanpa pesaing hidup kita tidak bermutu. Persaingan itu karunia Allah agar bisa memompa kemampuan kita secara optimal.

Pesaing tidak akan mengurangi rezeki kita, kalau kita bertarung dengan keyakinan bahwa Allah yang membagikan rezeki. Mempunyai pesaing itu nikmat.

 

Hasil bisnis

Kalau sudah mendapat rezeki, seorang professional yang baik dan berhati nurani akan mendistribusikan rezekinya.

Maka disebutkan oleh Nabi Muhammad, “Khairunnas anfa’uhum linnas,” Hadits Riwayat Bukhari. Artinya, “Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling banyak manfaatnya.”

Jadi kita bekerja keras, menjemput rezeki kita, nama kita terbangun, rezeki kita dapatkan, lalu kita distribusikan.

Makin banyak kekayaan, makin banyak orang lapar tersantuni, makin banyak orang bodoh bisa belajar, makin banyak orang yang tidak berpakain bisa memiliki baju, makin banyak orang yang tidak mempunyai rumah bisa berteduh.

Dan ini akan membuat kita semakin bersemangat dalam bekerja.

Berbagai Produk Solutif

Dapatkan produk-produk khusus untuk membantu memberi solusi permasalahan : bisnis & jualan online, kesulitan hidup, kehidupan rumah tangga, keuangan, dll.

SELENGKAPNYA >>>

Untung dalam Bisnis

Menurut Aa Gym, untung dalam bisnis adalah :

  • Bisnis ini menjadi amal. Karena kita semua pasti mati dan yang dibawa ke akhirat itu bukan uangnya tapi amalnya.
  • Nama kita menjadi semakin lebih baik. Kredibel & terpercaya di mata pelanggan.
  • Bisa manambah ilmu, karena tanpa penambahan ilmu, pengalaman dan wawasan, keuntungan yang didapat bisa menjadi bumerang. Keuntungan berupa uang yang tidak meng-upgrade diri kita, itu sebetulnya tidak untung.
  • Dengan bisnis kita bisa menambah silaturahmi, menambah saudara, karena persaudaraan itu mahal. Jadi orientasi dalam bisnis itu adalah bagaimana semakin menambah saudara.
  • Dengan bisnis itu makin banyak orang yang mendapatkan keuntungan. Karena setiap orang yang beruntung, yang menjadi bagian dari bisnis kita, itu akan menjadikan kebahagian diri kita pula.

 

Teladan dalam Bisnis

Nabi Muhammad telah memberikan teladan dalam bisnis semasa hidupnya dengan julukan Al Amien. Al Amien itu komponennya tiga :

  • Pertama, jujur terpercaya, tidak pernah bohong sekecil apapun.
  • Kedua, Stigma kepuasan, jadi ketemu puas bicara puas, terus menerus memberikan kepuasan, semakin banyak titik kepuasan itu orang tersebut semakin credible
  • Ketiga, inovatif dan solutif. Kalau orang terus meng-upgrade dirinya dan terus menerus berinovasi, serta menjadi solusi, dia akan menjadi credible.

“Orang yang tidak jujur, tidak memuaskan, tidak punya inovasi dia akan terkubur”.

Simak juga : “Kiat Sukses Jualan Online Bagi Pemula”. Tinggal Klik.

Semoga buah pikiran Aa Gym di atas menjadi inspirasi bagi kita dalam menjalankan bisnis sehingga menjadi lebih baik dan tidak sekedar berorientasi pada uang dan hal-hal bersifat materi lainnya.

 

Cara Memulai Bisnis Online Terarah & Tertarget

Kumpulan buku elektronik berisi materi-materi belajar bisnis online bagi para pemula atau siapapun yang memerlukan.

BELI SEKARANG



Temukan Kami di Facebook

© 2018-2021 Nibisnisku.com