Bisnis Multi Level Marketing, Alternatif Terbaik Memulai Usaha Modal Kecil

Dari beberapa literatur, setidaknya ada 3 faktor yang harus diperhatikan ketika bisnis ingin berkembang. Ketiga faktor tersebut yakni :

 

1. Produk

  • Kualitas; produk memiliki kualitas yang baik, setidaknya sesuai dengan standar pasar yang ada.
  • Manfaat; produk memiliki manfaat yang jelas bagi banyak orang.
  • Kontinuitas; produk selalu tersedia untuk menjaga pasokan tetap terpenuhi.
  • Harga; harga produk dapat bersaing di pasaran.
  • Kemudahan distribusi;  Pendistribusian produk mudah dilakukan.

 

2. Pasar

Ada pasar (calon customer) yang pasti dan besar yang siap untuk menyerap produk dengan tingkat persaingan yang masih bisa ditoleransi.

 

3. Jangkauan Pemasaran

Kegiatan pemasaran bisa dilakukan dengan jangkauan yang luas sehingga bisa optimal menyentuh target pasar.

 

Bayangkan, untuk memenuhi ketiga faktor itu pasti akan sulit sekali jika tidak didukung oleh modal yang memadai. Dengan kata lain, bagi yang ingin memulai usaha dengan modal kecil hanya beberapa ratus ribu rupiah, hal itu nyaris tidak mungkin untuk dilakukan.

Benar, jika hanya sekedar memulai usaha, dengan modal beberapa ratus ribupun bisa dilakukan. Namun, untuk memulai sebuah usaha prospektif yang bisa tinggal landas, modal sekecil it tidak akan cukup.

Itulah sebabnya banyak pelaku usaha kecil yang memulai usahanya sekedar menyesuaikan dengan dana yang ada tanpa melihat prospek perkembangannya akan seperti apa. Sehingga tidak heran, jika kemudian usahanya sulit berkembang akibat ketiga faktor tersebut tidak bisa terpenuhi sedari awal.

 

Akan tetapi tidak perlu berkecil hati, dimana ada kemauan pasti ada jalan. Anda bisa memulai bisnis yang bisa memenuhi ketiga faktor di atas meskipun dengan modal kecil, yakni dengan bergabung bersama salah satu perusahaan Multi Level Marketing.

Mengapa demikian ? Mari kita lihat.

 

Faktor produk

Perusahaan MLM yang benar pasti memiliki produk tertentu untuk dipasarkan para anggotanya dimana produk tersebut memenuhi kualifikasi sebagaimana disebutkan di atas.

Oleh karena itu, dengan gabung bersama mereka berarti faktor produk telah bisa Anda penuhi.

 

Faktor Target Pasar

Perusahaan MLM yang benar, pasti telah memikirkan, siapa calon target konsumen produk mereka. Oleh karena itu, ketika Anda brgabung, maka otomatis Andapun telah memiliki target pasar yang jelas.

 

Faktor Jangkauan Pemasaran

Dalam seluruh bisnis MLM, Anda diberi kelaluasaan untuk membangun jaringan penjualan Anda sendiri. Anda bisa mengajak siapapun menjadi partner Anda untuk sama-sama menjual produk tersebut.

Artinya, dengan cara ini maka Anda bisa menjangkau pasar setahap demi setahap bersama mitra-mitra Anda. Sehingga lambat laun jangkauan pemasaran Anda akan terus meluas seiring berkembangnya jaringan kemitraan Anda.

Itulah, melalui bisnis MLM Anda bisa memulai bisnis yang bisa terus berkembang hanya dengan sedikit modal.

 

Yang terpenting adalah : 

  1. Pastikan Anda memilih perusahaan MLM yang benar-benar melakukan kegiatan usaha penjualan produk yang memenuhi kriteria di atas, bukan produk yang hanya sebagai kedok untuk menutupi kegiatan ilegal mereka berupa money game.
  2. Lakukan bisnis Anda layaknya menjalankan bisnis produk sendiri, jangan memposisikan diri sedang jualan produk orang lain. Sadarilah, bahwa itu adalah sebuah kesempatan terbaik untuk memiliki sebuah bisnis yang bisa terus berkembang hanya dengan sedikit modal.
  3. Dapatkan mitra-mitra yang mau berusaha serius, bukan yang hanya ingin untungnya saja tapi malas berusaha.
  4. Abaikan opini-opini yang tidak jelas, terlebih dari orang-orang yang tidak memiliki kompetensi apapun di bidang bisnis.
  5. Jangan fokus pada hasil, serahkan itu pada Tuhan. Fokuslah pada apa yang harus dilakukan. Buatlah tonggak-tonggak target, tentukan cara mencapainya, dan lakukan dengan konsisten hingga setiap tonggak tercapai sesuai waktu yang direncakan.

Nah, sekarang silahkan pertimbangkan baik-baik.

Jika Anda sependapat, segera bergabung dalam bisnis MLM, jalankan bisnis Anda sebaik-baiknya. Tapi pastikan terlebih dahulu, Anda tidak salah pilih perusahaan MLM karena akibatnya bisa merugikan Anda sendiri. 

Selain itu, pastikan juga Anda sudah mengetahui, bahwa dalam bisnis apapun tidak ada yang bisa menjamin kesuksesan Anda. Akan tetapi, sukses bisa diraih oleh siapapun yang yakin & percaya serta mau melakukan berbagai upaya untuk meraihnya. 

Dan jika Anda tertarik memulai bisnis MLM, simak juga artikel berikut ini : “Cara Cepat Mengembangkan Jaringan Member Bisnis MLM Secara Online”. Tinggal Klik.

Demikian sedikit ulasan tentang bisnis multi level marketing yang bisa menjadi alternatif terbaik untuk memulai bisnis dengan modal minim. Semoga membantu.

© 2018-2020 Nibisnisku.com
Disampaikan oleh : Ida Widiawati