3 Alat Bantu Jualan Online Laris di Marketplace & Toko Online



Bagi Anda yang saat ini sedang jualan online, khususnya di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bualapak, dll; ataupun dengan menggunakan website sendiri, 3 alat bantu berikut ini bisa digunakan agar jualan Anda laris.

 

 
Alat Bantu #1 : Data Produk Laris

 

Pada setiap jenis produk yang dijual di marketplace, akan selalu ada produk-produk yang masuk best seller atau paling laris terjual diantara produk-produk lainnya.

 

Data-data produk laris akan menjai alat bantu yang berguna bagi Anda untuk melakukan perbandingan dan evaluasi terhaap produk Anda sendiri seklaigus mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam memeprbaiknya sehingga menjadi lebih baik.

 

Oleh karena itu, cobalah temukanlah 5-10 produk sejenis yang paling laris terjual di beberapa marketplace.

 

 

 

Cara menemukannya bisa dilihat berdasarkan volume penjualannya, carilah produk-produk yang terjual lebih dari 5.000 atau 10.000.

 

Setelah ditemukan, cobalah amati & lakukan beberapa hal berikut :

 

Model

Bandingkanlah model produk yang laris tersebut dengan model produk Anda. Jika model produk Anda tidak lebih bagus, pertimbangkanlah untuk menjual model produk serupa atau yang lebih bagus yang memilik peminat lebih banyak.

Menjual produk yang memiliki banyak peminat tentu akan lebih laris daripada jualan produk yang minim peminat, bukan ?

 

Harga

Lihat harga dari produk-produk yang laris tersebut, bandingkan dengan harga produk Anda. Jika produk Anda relatif lebih mahal, cobalah cari alternatif produk dengan harga yang sama atau lebih murah.

Pada umumnya, pembeli di Indonesia sangat mempertimbangkan harga, meskipun hanya selisih beberapa ratus rupiah. Harga produk yang sama yang lebih murah, pasti akan lebih laris daripada yang lebih mahal.

 

Tampilan gambar

Amati tampilan gambarnya, apakah lebih menarik dari produk Anda atau tidak. Jika tampilan gambarnya lebih menarik, maka gantilah tampilan gambar produk Anda dengan gambar yang lebih menarik, lebih jelas, & fokus pada produk, bukan latar atau lainnya.

Tampilan gambarpun bisa turut menentukan laris tidaknya jualan, meskipun akan tergantung juga pada jenis produknya.



Kalimat judul

Lihat cara penulisan kalimat judul. Pastikan kalimat judul Anda sama menariknya bahkan lebih menarik daripada kalimat judul pada produk-produk laris tersebut.

Ini memang tidak terkait langsung, meliankan berhubungan dengan hasil pencarian terkait produk yang dilakukan calon pembeli.

 

Kalimat deskripsi

Perhatikan kalimat deskripsinya. Buatlah kalimat deskripsi produk Anda yang lebih menarik, lebih lengkap, dan lebih rinci daripada deskripsi produk-produk laris tersebut.

Jangan sampai calon pembeli Anda lari mencari toko lain karena informasi produk yang Anda sampaikan tidak memenuhi informasi yang dibutuhkan calon pembeli.

 

Jumlah review

Banyak orang yang ragu untuk membeli dari toko online yang belum ada reviewnya, akhirnya mereka lari mencari toko online lain yang telah memiliki cukup banyak review.
Ini memang akan tergantung pada jumlah transaksi dan kesediaan pembeli memberikan review.

Oleh krena itu, tawarkanlah give away kepada pembeli yag mau memberi review. Entah ebook, atau produk digital lain yang sekiranya akan bermanfaat bagi pembeli.

 

 

 

Memiliki data-data produk laris, selain akan berguna bagi Anda yang telah memiliki toko online, juga akan berguna bagi Anda yang ingin memulai jualan online.

 

Anda bisa turut menawarkan produk-produk laris tersebut di media sosial dengan harga lebih tinggi agar Anda bisa mendapat keuntungan.

 

Ketika ada yang melakukan order, maka Anda tinggal membelinya dari toko penyedia produk dan membuat alamat pengirimnya kepada pemesan Anda. Banyak sekali yang telah melakukan hal seperti ini.

 

Oleh karena itu, lakukanlah. Mulailah mencari data produk-produk terlaris di berbagai marketplace.

 
Alat Bantu #2 : Google Keywords Planner

 

Google Keyword Planner atau alat penelusuran kata kunci Google, sangat berguna dalam mendatangkan calon pembeli dari mesin pencari, dan turut menentukan laris tidaknya suatu produk.

 

Anda bisa bayankan, jika setiap hari ada 1.000 orang yang mengunjungi toko online Anda dari mesin pencari, tentu produk Anda akan relatif laris terjual.



Hal ini mengingat, orang yang melakukan pencarian produk melalui mesin pencari, pada umumnya adalah orang yang memang memerlukan produk tersebut sehingga sudah siap untuk membeli.


Oleh karena itu, gunakanlah alat bantu ini. Lakukan riset kata kunci sesuai dengan item produk yang Anda jual di marketplace atau toko online Anda.


Setelah didapat, pilihlah beberapa kata kunci yang memiliki angka penelusuran tertinggi.
Gunakan kata kunci tertinggi pada judul produk Anda, dan sebarkan kata kunci lainnya pada deskirpsi produk.


Jangan paksakan memasukan banyak kata kunci. Masukan kata kunci-kata kunci yang benar-benar relevan dengan produk Anda dan bisa membentuk kalimat deskripsi yang nyaman dibaca manusia, bukan dibaca robot mesin pencari.


Dengan melakukannya, toko online Anda akan lebih mudah ditemukan mesin pencari dan muncul dalam hasil pencarian sehingga bisa menjadi sumber datangnya para calon pembeli baru dan membantu jualan Anda lebih laris.


Alat Bantu #3 : Media Sosial


Tak ubahnya toko konvensional, jumlah pengunjung toko online pun sangat penting dan akan menentukan laris tidaknya jualan suatu produk. Logikanya, makin banyak pengunjung, tentu akan makin laris jualan Anda, bukan ?


Nah, selain dari mesin pencari, pengunjung toko online Anda bisa juga didatangkan dari berbagai grup atau komunitas media sosial, entah itu Facebook, WA, Pinterest, Twitter, dll.


Oleh karena itu, jadikan media sosial sebagai alat bantu dalam menemukan grup-grup dan komunitas-komunitas yang cocok untuk memprommosikan toko online Anda.


Buatlah daftarnya agar memudahkan Anda membukanya dan melakukan promosi di sana. Jika sehari Anda melakukan promosi di 100 tempat medsos, meskipun hanya dikunjungi 1 orang, maka setidaknya, toko online Anda akan mendapat tambahan pengunjung 100 orang setiap hari.


Itulah 3 alat bantu yang bisa Anda manfatkan agar jualan Anda di marketplace atupun toko online sendiri lebih laris. Semoga bermanfaat.



Pilihan

Populer

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter

© 2018-2021 Nibisnisku.com